XBRL – Pengertian

Latar Belakang XBRL

Kemajuan teknologi dalam beberapa dekade terakhir telah memberikan dunia akuntansi sebuah platform digital baru untuk informasi laporan keuangan. Ketika perusahaan menghasilkan perangkat lunak aplikasi sendiri, seperti dokumen keluaran (neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan perubahan ekuitas, dll), yang sayangnya tidak dapat dibaca langsung oleh aplikasi yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh setiap aplikasi penyimpan data dalam format yang berbeda. Secara umum, masalah ini telah diatasi dengan mengekspor file dalam format ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yaitu file teks dengan tiap bidang data dipisahkan oleh karakter pembatasan seperti koma (,), sehingga ada kemungkinan untuk mengambil file ASCII asli ke aplikasi lain. Namun, solusi dapat dikatakan kurang efisiesn karena dalam prosesnya diperlukan waktu yang lama, karena itu sering diperlukan modifikasi file ASCII ketika aplikasi ekspor tidak menggunakan karakter pembatas. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan data yang akan miring dan ditempatkan di tabel yang salah. Solusi lain adalah dengan setup aplikasi khusus untuk mengkonversi data antara dua aplikasi, tetapi solusi terbaik adalah dengan menggunakan standar pertukaran data. Kebutuhan standar digital untuk bertukar informasi akuntansi antara perangkat lunak aplikasi dari laporan keuangan banyak diterbitkan dalam berbagai format  seperti pdf, xls, html, doc , dll.

Untuk menjawab pelbagai permasalahan di atas, maka dibentuklah sebuah standar yang dikenal dengan XBRL, yang diterima secara luas oleh masyarakat akuntansi secara internasional. XBRL dikembangkan oleh www.xbrl.org, merupakan sebuah konsorsium[1] perusahaan dan organisasi internasional, dan disponsori oleh AICPA (American Institute Accountant Public). Anggota organisasi meliputi konsultan besar akuntansi  dan perusahaan – perusahaan besar, serta lembaga-lembaga seperti IASB (International Accounting Standards Board), IMA (Institute of Management Accountant), CICA (Canadian Institute of Chartered Accountants), dan ICAEW (Institute of Chartered Accountants in England  and Wales).

Sejarah Singkat XML dan XBRL

XML (Extensible Markup Language) adalah metode untuk menambah struktur dan konteks untuk informasi yang tidak terstruktur. XML merupakan turunan dari Standard Generalized Mark-up Language (SGML), standar yang didukung secara luas selama lebih dari 15 tahun. XML merupakan perpaduan langsung dari bahasa SGML dan HTML. Hasil standardisasi akan menjadi penurunan yang signifikan dalam kompleksitas dan biaya. Banyak hal berbeda yang telah dinyatakan dalam XML, misalnya XHTML adalah versi XML HTML; XMLEDI merupakan upaya untuk mengungkapkan transaksi EDI menggunakan XML. XML juga merupakan kumpulan elemen dan atribut yang menggambarkan informasi dan data dalam bentuk baik manusia maupun bahasa computer yang dapat dipahami dan dirancang untuk digunakan melalui media internet.

Sejarah XBRL dimulai dengan awal XML 1.0  yang dirilis dengan berbagai spesifikasi pada Februari 1998. XBRL berawal pada bulan April 1998  dengan  menggunakan XML untuk mengungkapkan laporan keuangan. Dari titik itu, AICPA (American Institute Accountant Public) didekati untuk menjadi ujung tombak pengenalan apa yang menjadi XBRL untuk dunia sekarang. AICPA dan Knight, Vale & Gregory, yang merupakan sebuah perusahaan CPA[2] yang didanai oleh prototipe awal XBRL. Beberapa prototipe berikutnya disebut XFRML (Extensible Financial Reporting Markup Language) dan memulai mengadakan konsorsium XBRL secara internasional, bahkan sebelum pertemuan pertama konsorsium XBRL, pimpinan AICPA memutuskan untuk mengejar laporan bisnis sebagai lingkup yang lebih luas yang termasuk pelaporan keuangan didalamnya. Pada bulan September 1999, pertemuan pertama konsorsium XFRML berlangsung, memiliki 13 anggota. Tak lama kemudian, nama XFRML awal diubah menjadi XBRL. XBRL pertama yaitu versi XBRL 1.0 dirilis pada bulan Juli 2000 . Taksonomi[3] pertama juga dirilis pada saat itu waktu, Pelaporan Keuangan berdasarkan US GAAP untuk komersial dan industri perusahaan. Tanggapan diterima yang memulai konsorsium menuruni jalan untuk menciptakan sesuatu yang lebih extensible daripada yang mungkin dengan XBRL 1.0 . teknologi XML yang jatuh tempo dan XML Schema telah tersedia , seperti XLink 1.0 . XBRL 2.0 dirilis pada bulan Desember 2001.

Konsep Dasar XML dan XBRL

Sebelum membahas bagaimana konsep XBRL diterapkan, akan lebih baik jika pembaca mengetahui bahasa XML yang menjadi dasar XBRL itu sendiri. XML adalah bahasa global umum yang menjadi standar yang merupakan kependekan dari eXtensible Markup Language. Seperti yang didefinisikan oleh  W3C (World Wide Web Consortium), XML merupakan bentuk format berlabel atau informasi “tag”. Format label XML menambah arti informasi yang sering dipertukarkan antara pengguna dalam bentuk metadata, yang mudah dimengerti oleh aplikasi perangkat lunak.

Menurut Charles Hoffman dalam bukunya, Financial Reporting Using XBRL, menyatakan bahwa XBRL adalah rantai infrastruktur penyedia pelaporan keuangan akan steker ke web semantik dan memperoleh manfaat yang terpasang. Hal ini juga membantu para akuntan melihat visi tentang apa XBRL besok sebagai perangkat lunak yang membaik, dan XBRL lebih dimasukkan ke dalam alur kerja aktual dari rantai pasokan pelaporan keuangan.

XBRL merupakan anggota dari keluarga bahasa berdasarkan XML, yang merupakan standar untuk pertukaran data elektronik antara perusahaan dalam media internet. Dalam XML, identifikasi tag diterapkan untuk item data sehingga mereka dapat diproses secara efisien oleh perangkat lunak komputer.

XBRL adalah versi kuat dan fleksibel dari XML yang telah didefinisikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan informasi keuangan. Hal ini memungkinkan identifikasi tag yang unik untuk diterapkan pada item data keuangan, seperti laba bersih. Namun, hal ini lebih dari sekedar pengidentifikasi sederhana. XBRL menyediakan berbagai informasi tentang item tersebut, seperti apakah pos moneter itu, persentase atau fraksi. XBRL  memungkinkan label dalam bahasa apapun yang akan diterapkan pada setiap item, serta referensi akuntansi atau informasi pendukung lainnya.

XBRL dapat menunjukkan bagaimana item yang terkait satu sama lain. Dengan demikian dapat mewakili bagaimana mereka dihitung. Hal ini juga dapat mengidentifikasi apakah mereka jatuh ke kelompok tertentu untuk tujuan organisasi atau presentasi. Yang paling penting, XBRL mudah diperluas, sehingga perusahaan dan organisasi lainnya dapat menyesuaikan dengan memenuhi berbagai persyaratan khusus.

Pengguna XBRL secara umum mungkin sebagian besar atau benar-benar menyadari infrastruktur teknis yang menyokong bahasa program. Namun, perusahaan perangkat lunak, seperti penyedia perangkat lunak akuntansi, perlu memperhitungkan XBRL dan fitur-fiturnya ketika memproduksi produk mereka.

Meskipun disebut pelaporan bahasa bisnis yang dapat disebar luaskan, XBRL sebenarnya adalah sebuah standar untuk distribusi elektronik dan pertukaran bisnis dan informasi keuangan. XBRL menjelaskan informasi ini menggunakan “tag” yang bekerja seperti kode bar, dan mendefinisikan masing-masing data menggunakan sejumlah kamus disebut yang disebut taksonomi. Setiap organisasi atau individu yang ingin menerapkan, membaca dan memproses tag ini membutuhkan perangkat lunak yang telah dirancang khusus atau dimodifikasi untuk tujuan tersebut, XBRL dapat membuat lebih mudah untuk menangani item yang berbeda dari informasi keuangan, dalam hal yang sama kode bar membuat lebih mudah untuk menangani aset atau mengelola rantai laporan keuangan.

Taksonomi XBRL

Menurut teori komunikasi, dalam rangka bertukar pesan antara pemancar dan penerima, tiap peserta harus tahu kode umumnya. Itulah peran Taksonomi XBRL.

Berikut merupakan taksonomi XBRL :

Taksonomi

Deskripsi

Skema

Sekelompok elemen terstruktur yang dapat digunakan dalam dokumen contoh atau kamus istilah.

Label linkbase

Label atau teks yang terkait dengan unsur-unsur dalam kamus yang dibuat dalam bahasa yang berbeda dan digunakan untuk tujuan yang berbeda ketika menulis pada dokumen yang berbeda.

Referensi linkbase

Referensi untuk konsep teks yang didasarkan pada standar akuntansi. Referensi ini memainkan peran penting dalam menentukan penggunaan konsep selama pembuatan dokumen.

Presentasi linkbase

Aturan untuk menentukan format laporan.

Perhitungan linkbase

Aturan untuk perhitungan (penambahan dan pengurangan) antara elemen dalam taksonomi yang digunakan untuk memvalidasi dokumen.

Definisi linkbase

aturan Tambahan hubungan antara unsur-unsur dokumen di taksonomi dan yang digunakan untuk memvalidasi kasus.

 

Setiap taksonomi XBRL harus menyertakan sebuah skema XML. Aturan dan keterbatasan XML skema juga berlaku untuk taksonomi XBRL. Fitur XBRL ini sangat penting untuk melaksanakan taksonomi. Sebuah badan usaha perlu menyediakan Informasi lebih dalam laporannya dengan membuat ekstensi untuk taksonomi yang asli, dengan elemen yang tepat dan antar – hubungan, untuk persyaratan pelaporan khusus.

Hubungan antara XBRL dengan Penyedia Laporan Keuangan

XBRL akan berdampak pada rantai pelaporan keuangan pada perusahaan pada tingkat dasar. XBRL akan membuat rantai pasokan bekerja lebih baik, lebih cepat dan lebih murah. Berikut ini adalah slide yang hampir wajib jika Anda berbicara tentang penyedia pelaporan keuangan pelaporan (disediakan oleh XBRL International) 6

Proses

Peserta

Operasi bisnis

Pelaporan entitas
Penerbit data laporan keuangan dan agrerator data

Pelaporan keungan internal

Investor
Sebuah entitas mitra dagang yang mungkin menginginkan informasi keuangan

Analisis investasi dan pinjaman

Auditor internal dan eksternal
Regulator
vendor perangkat lunak yang melayani semua proses untuk semua peserta yang berbeda
Footnote

[1] himpunan beberapa pengusaha yg mengadakan usaha bersama

[2]  Sekarang bagian dari RSM McGladrey

[3] klasifikasi bidang ilmu; kaidah dan prinsip yg meliputi pengklasifikasian objek

 

Sumber :

Hoffman, C. 2006 Financial Reporting Using XBRL IFRS and US GAAP Edition UB Matrix Inc, United States

Hoffman and Egmond, 2012 Digital Financial Reporting Using an XBRL-Based Model Creative Commons License, United States

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s