Bank

Bank merupakan salah satu lembaga usaha yang brefungsi sebagai perantara keuangan. Bank pada umumnya menerima simpanan dari nasabah berupa tabungan, deposito, simpanan giro, ataupun dalam bentuk lainnya. Kemudian bank mengelola uang titipan nasabah tersebut dengan meminjamkan kepada masyarakat umum dengan memberi bunga. Bunga tersebut digunakan sebagai keuntungan yang didapatkan oleh bank. Untuk menarik para investor, bank biasanya memberikan penghargaan seperti tingkat bunga, undian, ataupun hadiah secara langsung.

Lihat gambar 

Bagaiman uang itu diputar oleh bank?

Pada gambar di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pertama, seorang nasabah menanamkan uangnya di bank dengan maksud untuk mendapat bunga, lalu bank menyimpan uang tersebut sebagian untuk kas di bank tersebut, sebagian untuk kas pada Bank Indonesia, dan sebagian lagi untuk diputar sebgai usaha. Misalnya dengan membuka jasa – jasa perbankan yang salah satunya adalah dengan memberikat kredit pada para debitor. Biasanya banyak debitor yang mengunakan pinjaman bank untuk keperluan konsumsi dan usaha. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat (debitor) menggunakan kredit hanya untuk keperluan konsumsi. Sebaiknya hal tersebut dihindari, karena dengan adanya kredit konsumsi, besar kemungkinan tingkat konsumtif masyarakat akan meningkat dan itu akan berpengaruh pada kesejahteraan keluarga menengah kebawah untuk melunasi kewajiban beserta bunga yang cukup besar.

Usaha Perbankan

Usaha perbankan meliputi menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank pada masyarakat umum. Klasifikasi bank di Indonesia terbagi menjadi empat jenis, yaitu bank central atau yang dikenal dengan Bank Indonesia, bank umum, bank syariah, serta bank perkreditan rakyat. Masing-masing lembaga tersebut mempunya tugas dan fungsi yang sama namun dibatasi dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dalam hal ini Bank Indonesia berfungsi sebagai bank pusat yang berwenang untuk mengeluarkan berbagai peraturan untuk mengendalikan atau memberi batasan terhadapap bank umum, bank syariah ataupun bank perkreditan rakyat.

Beberapa manfaat bank untuk masyarakat adalah :

  1. Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement).
  2. Sebagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.
  3. Informasi harga, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
  4. Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.
  5. Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang.

Terlepas dari fungsi-fungsi perbankan (bank) yang utama atau turunannya, maka yang perlu diperhatikan untuk dunia perbankan, ialah tujuan secara filosofis dari eksistensi bank di Indonesia. Hal ini sangat jelas tercermin dalam Pasal empat (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 yang menjelaskan, ”Perbankan Indonesia bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak”. Meninjau lebih dalam terhadap kegiatan usaha bank, maka bank (perbankan) Indonesia dalam melakukan usahanya harus didasarkan atas asas demokrasi ekonomi yang menggunakan prinsip kehati-hatian. Hal ini, jelas tergambar, karena secara filosofis bank memiliki fungsi makro dan mikro terhadap proses pembangunan bangsa.

Jasa Perbankan

            Jasa perbankan diberikan untuk mendukung kelancaran menghimpun dan menyalurkan dana, baik yang berhubungan langsung dengan kegiatan simpanan dan kredit maupun tidak langsung.  Jasa perbankan lainnya antara lain sebagai berikut:

  • Jasa setoran seperti setoran listrik, telepon, air, atau uang kuliah
  • Jasa pembayaran seperti pembayaran gaji, pensiun, atau hadiah
  • Jasa pengiriman uang (transfer)
  • Jasa penagihan (inkaso)
  • Kliring
  • Penjualan mata uang asing
  • Penyimpanan dokumen
  • Jasa cek wisata
  • Kartu kredit
  • Jasa-jasa yang ada di pasar modal, seperti pinjaman emisi dan pedagang efek.
  • Jasa Letter of Credit (L/C)
  • Bank garansi dan referensi bank
  • Jasa bank lainnya.

 

Sekian penjelasan dari saya, kritik dan saran sangat diperlukan untuk mengembangkan tulisan ini. Thank you😀

 

sumber :

http://www.bi.go.id/web/id/Peraturan/Perbankan/

http://id.wikipedia.org/wiki/Bank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s