Indeks Harga Kosumen dan Inflasi

Perhitungan IHK dan Inflasi Kedelai

Analisis :

IHK bisa diartikan sebagai ukuran rata-rata perubahan harga barang dan jasa pada periode tertentu.

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinyu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinyu.

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa IHK lebih besar dari Inflasi.

IHK terbesar terjadi pada tahun 1997 sebesar 1032% dan Inflasi terbesar terjadi pada tahun yang sama yaitu sebesar  932%. Permintaan tertinggi  atas komoditi kedelai terjadi pada tahun 1995 sebesar 1679092 sedangkan permintaan terendah terjadi pada tahun 2003 yaitu sebesar 671600.

Perhitungan IHK dan Inflasi Jagung

Dari data diatas, dapat disimpulkan bahwa:

Permintaan terbesar akan komoditi jagung terjadi pada tahun 2006 sebesar 13241, dan harga terbesar juga terjadi pada tahun yang sama sebesar 1802.

CPI yang terbesar terjadi pada tahun 2006, yaitu sebesar 355%. Inflasi juga menunjukkan gejala yang sama, yaitu terbesar pada tahun 2006 sebesar 255 %.Ada hubungan yang cukup erat antara IHK dan inflasi, perubahan IHK mencerminkan adanya perubahan-perubahan harga, ketika harga jagung mengalami kenaikan dapat dikatakan

telah terjadi inflasi pada komoditi jagung. Indeks Harga Konsumen dapat dijadikan sebagai ukuran inflasi, dimana didalamnya tercermin perkembangan  harga dari komoditas jagung. Hal ini membuktikan bahwa harga jagung pada tahun 2006 mencapai 1802/kg bila dibandingkan dengan harga tahun dasar (1995) yaitu 507/kg, kenaikan harga ini disebabkan oleh inflasi. Semakin tinggi IHK maka akan semakin tinggi pula Inflasinya. Yang berarti terjadi penurunan nilai uang, walaupun secara nominal harga jagung pada tahu 2006 naik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s