Our Brain

Otak

Otak adalah salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia. Otak juga merupakan pusat pengendalian sistem saraf. Di dalam otak terdapat miliyaran saraf yang apabila  dibentangkan maka panjang saraf tersebut dapat mencapai lebih dari seribu kilometer. Otak memiliki dua sel, yaitu glia yang berfungsi untuk melindungi Neuron dan Neuron yang bertugas membawa informasi berbentuk signal menuju luar otak melalui zat neurotransmiter.

Roger Spery, peraih Nobel pada tahun 1981, mengemukakan bahwa otak terbagi menjadi tiga bagian, antara lain otak besar, otak kanan, dan otak kiri. Otak besar berfungsi sebagai pengumpul kegiatan intelektual, otak kanan berfungsi sebagai pengatur kegiatan yang berhubungan dengan khayalan, kreativitas, musik, warna, dan bentuk yang biasa dikenal dengan EQ (emotional Quotient) sedangkan otak kiri berhubungan dengan kegiatan seperti menghitung, mengurut, dan kegiatan yang berhubungan dengan logika. Kegiatan otak kiri biasa dikenal dengan IQ (Intelegence Quotient). Otak kanan bersifat long term memory atau mampu mengingat dalam jangka waktu panjang sedangkan otak kiri bersifat short term memory yaitu mampu mengingat dalam jangka waktu pendek. Apabila terjadi kerusakan pada otak kanan, maka akan mengakibatkan pada visualisasi orang tersebut dan memungkinkan terkena penyakit stroke, sedangkan jika terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan pada jiwa dan gangguan dalam hal berhitung.

Nutrisi yang dibutuhkan otak manusia adalah oksigen dan air. Apabila otak kekurangan oksigen, maka reaksi yang dihasilkan otak adalah proses menguap, dan jika oksigen tidak dapat memenuhi kebutuhan otak dengan cukup maka otak akan menjadi rusak, istilah tersebut biasa dikenal dengan brain death. Hanya dengan waktu lima hingga sepuluh menit untuk membuat otak menjadi rusak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s