Perekonomian Indonesia di Berbagai Sektor

 

Perekonomian Indonesia

 

Indonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggarayang memiliki jumlah pulau sebanyak 17.504 pulau dan sekitar 6.000 pulau di antaranya tidak berpenghuni. Pulau – pulau menyebar di wilayah khatulistiwa sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik sehingga memberikan cuaca tropis dan perbedaan letak geografis. Karena panjangnya pulau – pulau yang menyebar, menyebabkan pembagian waktu dan mata pencarian penduduk di Indonesia berbeda – beda.

Perekonomian di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai bidang, biasanya bidang – bidang tersebut berdasarkan letak geografis pulau – pulau di Indonesia. Adapun bidang – bidang tersebut antara lain sebagai berikut :

 

  1. Sektor Pertanian dan Perternakan.

Indonesia merupakan negara agraris, sehingga sebagian besar rakyat indonesia bermata pencarian sebagai petani dan peternak. Adapun kontribusi sektor pertanian dan peternakan terhadap pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia antara lain sebagai berikut :

–          Kontribusi Produk

Pertanian dan peternakan sangat berperan dalam kehidupan manusia terutama warga Indonesia yang kebutuhan pangannya didominasi dengan bidang pertanian dan peternakan seperti beras, sayuran, buah, daging, susu, kulit dan lain sebagainya. Pertanian juga berperan sebagai penyuplai bahan baku yang nantinya akan diolah oleh industri manufaktur.

 

–          Kontribusi Pasar

Dengan adanya pertanian dan peternakan dapat dibentuk sebuah sistem pasar bebas yang di dalamnya terjadi berbagai pertukaran kebutuhan pokok dengan uang. Dalam kondisi ini Pemerintah juga ikut serta dalam penetapan harga – harga yang terjadi di pasar bebas.

 

–          Kontribusi devisa

Pertanian dan peternakan mampu memberikan devisa kepada negara apabila pertanian dan peternakan mampu meningkatkan kapasitas produksi dan meningkatkan daya saing produk pertanian ataupun peternakan. Hal ini harus dilakukan agar para petani dan peternak Indonesia mampu meningkatkan ekpor dan mengurangi impor. Dalam proses perubahan ini, pemerintah harus ikut seta membantu para petani dengan cara menyediakan lahan yang di gunakan para petani, memberi pelatihan dasar, memberikan subsidi mesin – mesin dan bibit unggul, serta menghimbau masyarakat untuk menggunakan produk pertanian dan peternakan dalam negeri. Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi impor dan menambah ekspor.

 

Pandangan negatif pada sektor pertanian dan peternakan.

Rendahnya ouput bidang pertanian di wilayah Indonesia disebabkan adanya :

–          Perubahan Iklim

Dengan perubahan iklim kemarau para petani sangat membutuhkan pasokan air untuk mengirigrasi daerahnya, maka oleh karena itu harus ditemukan sebuah inovasi untuk menangani masalah tersebut.

–          Lahan Pertanian

Dewasa ini lahan pertanian di Indonesia sudah semakin berkurang, hal itu disebabkan karena adanya pembangunan gedung – gedung dan sebagainnya. Dalam menanggapi hal ini sebaiknya pemerintah menetapkan undang – undang pengkhususan lahan pertanian.

–          Kualiatas SDM rendah

Petani di Indonesia pada umumnya masih tradisional, belum menggunakan mesin – mesin pembantu yang dialakukan seperti negara –negara maju lainnya, hal inilah yang menyebabkan output pertanian belum bisa menyaingi hasil output dari luar negeri.

–          Rendahnya penggunaan Teknologi

Langkah – langkah yang dapat di lakukan oleh pemerintah dalam menangani permasalahan bidang pertanian dan peternakan antara lain :

–          melakukan penyediaan berbagai sarana pendukung sektor pertanian dan peternakan untuk membuka lahan baru sebagai tempat yang dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia. Keberpihakan bagi sektor pertanian, seperti ketersediaan pupuk dan sumber daya yang memberikan konsultasi bagi petani dalam meningkatkan produktivitasnya, perlu dioptimalkan kinerjanya. Keberpihakan ini adalah insentif bagi petani untuk tetap mempertahankan usahanya dalam pertanian. Karena tanpa keberpihakan ini akan semakin banyak tenaga kerja dan lahan yang akan beralih ke sektor-sektor lain yang insentifnya lebih menarik.

 

 2. Sektor Pertambangan dan Penggalian

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Indonesia dapat menjadi negara maju apabila memiliki sumber daya manusia yang unggul dalam menangani masalah sumber daya alam. Banyak pertambangan di Indonesia dimiliki oleh perusahaan asing sehingga kurang membantu untuk sebagai penambahan devisa ekonomi negara.

 

Pandangan positif terhadap sektor pertambangan dan penggalian :

–          Membuka lapangan pekerjaan untuk warga Indonesia.

–          Meningkatkan pendapatan negara.

–          Menambah para penambang dan peneliti yang datang ke indonesia, karena banyak di temukannya material – material pertambangan.

–          Membuka lahan investasi yang nantinya akan dijadikan sebagai pendapatan negara.

 

Pandangan Negatif terhadap pertambangan dan penggalian.

–           Ekploitasi yang berlebihan dapat merusak kesimbangan ekosistem lingkungan.

–          Menyisakan ampas – ampas pertambangan yang akan mencemari alam.

–          Ketidakmampuan Pemerintah dalam menyikapi perusahaan asing yang menanamkan modalnya di Indonesia. Seharusnya pemerintah mempunyai batasan quota yang tegas kepada perusahaan asing agar tidak merugikan penduduk Indonesia.

 

Upaya yang dapat dilakukan pemerintah beserta warganya :

–          Pemerintah memberikan batasan kepada para penambang dalam mengeksploisasi agar sumber daya alam tidak cepat habis.

–          Mencari cara agar hasil tambang  yang ada di Indonesia dapat digunakan seminim mungkin.

 

3. Sektor Industri Pengolahan (manufaktur)

 

Pandangan Positif mengenai sektor Industri :

–          Membuka lapangan pekerjaan sehingga mengurangi pengangguran di Indonesia, khususnya di Ibu kota.

–          Menigkatkan SDM yang berkualitas karena bidang industri membutuhkan pengetahuan – pengetahuan mengenai perkembangan dan pertumbuhan industri.

–          Dapat bersaing dengan negara luar dengan meningkatkan kuaitas ouptut industri.

 

Pandangan negatif terhadap sektor Industri :

–          Diperlukannya kemampuan untuk peningkatan pemikiran tentang industri.

–          Dibutuhkannya modal yang sangat besar dalam menciptakan suatu industri.

 

 4. Sektor Perdagangan, Hotel, dan Restoran.

Seperti yang kita lihat sekarang, di setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki hotel dan retoran atau rumah makan. Dan tidak dapat di ragukan lagi, sebagian besar yang mempengaruhi perekonomian di Indonesia adalah kegiatan perdagangan, namun  tingkat konsumsi di Indonesia juga cukup besar.

 

Pandangan positif terhadap sektor perdagangan, hotel dan restoran.

–          Membuka lapangan kerja baru bagi warga Indonesia.

–          Meningkatkan kerjasama terhadap warga asing untuk penambahan pelatihan kemampuan di bidang tersebut.

–          Menambah pendapatan nasional negara

–          Menciptakan bibit – bibit uggul dalam inovasi-inovasi terbaru di bidang hotel dan restoran maupun perdagangan.

 

Pandangan negatif  terhadap sektor perdagangan, hotel dan restoran.

–          Karena kurangnya pemikkirann dan perhitungan yang matang sehingga banyak usaha perdagangan, hotel maupun restoran negeri kalah saing dengan usaha asing yang di tanamkan di Indonesia.

 

Upaya yang dapat dilakukan pemerintah dan perusahaan

–          Membutuhkan keahlian khusus dalam pengembangan kemampuan di bidang tersebut.

–          Mampu melihat peluang – peluang yang ada sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.

–          mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung bagi sektor lain yang akan menyerap pertumbuhan tenaga kerja Indonesia. Sektor ini juga merupakan sektor yang jumlah tenaga kerjanya banyak, yaitu sektor perdagangan, hotel, dan restoran serta industri pengolahan. Sarana pendukung seperti jalan, pelabuhan, listrik adalah sarana utama yang dapat mengakselerasi pertumbuhan di sektor ini.

–          Pemerintah berperan dalam mempromosikan sektor – sektor yang ada di dalam negeri, sehingga para konsumen lebih memilih usaha di dalam negeri.

 

 5. Perusahaan Komunikasi

Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi dan informasi menjadi faktor utama perluasan globalisasi. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya dibentuk perusahaan di bidang komunikasi. Indonesiapun banyak mengahasilkan perusahaan – perusahaan di bidang komunikasi, seperti telepon, program televisi, iklan ataupun internet.

 

Pandangan positif terhadap perusahaan komunikasi

–          Menjadikan Indonesia sebagai negara global dengan mengetahui informasi-informasi dari luar.

–          Meningkatkan kualitas intelegensi sumber daya manusia di bidang IPTEK.

–          Membuka lapangan pekerja untuk mengurangi pengangguran.

–          Menciptakan persaingan yang berunsur pengetahuan dan teknolgi.

–          Semakin mudah mencari informasi – informasi yang tersebar di pelosok dunia.

–          Menambah pendapatan negara.

 

Pandangan Negatif terhadap perusahaan komunikasi.

–          Banyak orang yang menggunakan informasi untuk sesuatu yang merugikan orang lain, seperti penipuan, pembobolan data dan lain-lain.

–          Banyak informasi yang tidak bermoral yang tersebar, namun perusahaan komunikasi tidak menyaring informasi – informasi tersebut.

 

 6. Sektor Jasa

Tidak hanya barang yang dapat diperdagangkan namun jasa atau kemampuan pun dapat diperjual belikan misalnya seperti, perusahaan asuransi, travel, akuntan publik, guru, dan masih banyak lagi.

 

Pandangan positif terhadap sektor jasa

–          Mampu meningkatkan kulitas SDM Indonesia.

–          Banyaknya usaha – usaha di bidang jasa sehingga membuka lapangan pekerjaan.

–          Mempermudah kegiatan manusia

–          Menambah pendapatan negara

–          Banyak membutuhkan tenaga kerja manusia sehingga mengurangi pengangguran.

 

Pandangan negatif terhadap sektor jasa :

–          Manusia menjadi saling bersaing melakukan segala cara untuk mendapat posisi terbaik.

–          Membuat manusia malas berusaha karena adanya kemudahan yang diberikan oleh peusahaan jasa.

 

 Terimakasih kepada sumber – sumber di bawah ini yang membantu memberikan informasi dalam tugas saya. (^0^)

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

buku sks SNMPTN terbitan generasi cerdas

http://economy.okezone.com/

http://metrotvnews.com/metromain/analisdetail/2010/06/09/23/Sektor-Pertanian-dan-Struktur-Perekonomian-Indonesia

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s