Ruang Lingkup Bisnis

Ruang Lingkup Bisnis

  • Pengertian ruang lingkup bisnis :

Bisnis → business  → busy  → sibuk

“suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya” (ilmu ekonomi)

Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussiness is  then  simply a system that produces  goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990]

Bisnis merupakan suatu organisasi yang  menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert]

business is all those involved in providing the goods and services neede or desired by people. [Steinford]

Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit. [ Griffin dan Ebert ]

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen. [Allan Afuah]

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang – orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar kualitas hidup mereka. [Glos, Steade dan Lowry]

 

Bisnis adalah usaha perdagangann yang dilakukan oleh sekelompok orang yang teroganisasi untuk mendapatkan laba denganmemproduksi dan menjual barang atau jasaa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. [Mahmud machfoed]

Dari beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan suatu kegiatan atau cara yang digunakan oleh suatu organisasi maupun secara individual dalam rangka menciptakan atau mengembangkan suatu barang ataupun jasa demi memenuhi kebutuhan konsumen dengan tujuan  untuk mencari keuntungan yang maksimal.

Tujuan Kebijakan Bisnis

 

Dalam menentukan aturan pada usaha – usaha yang dilakukan oleh warganya, pemerintah menetapkan kebijakan yang bertujuan untuk  keadilan  bagi seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan ini merupakan sebagian dari aturan yang diterapkan untuk menstabilisasikan bisnis di Indonesia. Di bawah ini merupakan beberapa tujuan pemerintah dalam menerapkan kebijakan bisnis di Indonesia.

  • Melindungi usaha kecil dan menengah.

Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan sangat bermanfaat untuk mencegah usaha kecil  yang biasanya tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil inilah  yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing. Dengan berkembangnya usaha kecil dan menengah maka Indonesia secara perlahan mulai bisa memajukan perkonomian bangsa.

  • Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.

Sebenarnya negara kita adalah negara yang kaya dengan lingkungan hidup, dengan mengelola lingkungan hidup yang ada di Indonesia secara baik dan benar maka tidak perlulah bangsa Indonesia mendapatkan berbagai masalah. Oleh karena itu pemerintah menetapkan aturan –aturan yang bertujuan untuk melindungi lingkungan hidup sekitar, mungkin aturan itu hanya dianggap oleh sekian banyak warga sebagai tulisan biasa. Padahal aturan – aturan itu sangat berarti bagi kelangsungan makhlluk hidup khususnya manusia.

  • Melindungi konsumen.

Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.

  • Pendapatan pemerintah.

Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ).

Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

  • Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
  •  Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
  • Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana. Saat ini, banyak negara-negara Blok Timur yang telah melakukan privatisasi—pengubahan status perusahaan.

KESEMPATAN BISNIS ATAU USAHA

Kesempatan bisnis atau usaha adalah suatu keadaan dimana adanya celah untuk kita dalam melakukan bisnis. Kesemptan usaha tidak datang begitu saja, tetapi kita harus berusaha untuk mendapatkannya. Jiak kesempatan itu datang kepada kita, pintat – pintar lah dalam mencari usah ayng dapat berkembang. Kita harus mampu membaca sikon dan kondidsi yang terjadi di linhkunga sekitar kita.

Jenis – jenis bisnis

  • Perdagangan

Adalah suatu proses yang terjadi karena adanya penjual, pembeli, dan adanya barang yang ingin diperdagangkan.

  • Penyimpanan

Adalah salah satu dari jenis – jenis berbisnis, dengan syarat ada penyimpan dan penabungnya. Para penabung biasnya di beri bunga beberapa persen dari jumlah saldo yang di tabungnya.

  • Pembelanjaan

Adalah proses untuk mengubah suatu manfaat benda menjadi manfaat beenda yang lain.

Contoh : seseorang membeli tas seharga Rp. 100.000,-,maka setelah orang itu menyerahkan uangnya untuk membeli tas, pada saat itu juga lah nilai fungsi uang seratus ribu rupiah menjadi nilai fungsi tas.

  • Penyampaian informasi.

Merupakan bagian dari perdagangan jasa. Dengan mengumpulkan informasi – informasi umum yang penting, sesorang bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat luas secara komersil.

 

Unsur unsur dalam kegiatan perkonomian

Unsur unsur penting kegiatan perekonomian adalah

* Manusia

* Modal

* Material

* Metode

* Manajerial

* Mesin /peralatan

 

Hakekat bisnis

Hakekat bisnis merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan ide yang dimiliki. Dengan mengembangkan ide yang ada, berarti kita memiliki keberainian untuk berkembang. Bisnis adalah langkah utama untuk berwirausaha. Di zaman era modern ini berbisnis sangat diperlukan sekali. Karena perkembangan penduduk yang luar biasa, kita tidak mungkin hanya berharap untuk bekerja di kantor saja karenamkantor tidak mungkin menampung semua manusia produktiv yang ingin bekerja. Oleh karena itu dengan mempelajari pengantar bisnis ini maka kita di harapkan dapat mengetahui apa yang  menjadi landasan dalam memulai bisnis.

MENGAPA BELAJAR BISNIS ?

Menurut saya belajar bisnis itu sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari hari. Tidak hanya untuk mendapatkan laba saja, tetapi juga dengan mempelajari bisnis kita bisa menjadi yang lebihh baik dari sebelumnya dengan syarat bisnis untuk tujuan yang baik pula. Belajar bisnis dapat mengajari kita untuk mengetahui cara – cara bersosialisasi dengan baik seperti bagaimana cara untuk menjalin relasi dengan baik, bagaimana cara untuk berkata dengan sopan, bagaimana cara untuk memproduksi barang ataupun jasa, apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu, bagaimana cara untuk memecahkan masalah, bagaimana cara untuk menghadapi resiko, bagaimana untuk mengembangkan usaha dan masih banyak lagi manfaat dari belajar bisnis. Bisnis bersifat unik, yaitu hanya orang –orang yang mau berusaha dan berani menerima resikolah yang dapat berkembang di bisnisnya itu. Karena di abad ini adalah abad persaingan dan teknologi sudah mengalami globalisasi sudah seharusnya kita sebagai generasi muda yang memiliki masa depan, diharapkan untuk bisa berbisnis. Jadilah mmanusia yang intelektual dengan mengembangkan ide – ide yang kalian miliki.

 

Terimakasih pada situs – situs yang telah banyak membantu saya dalam menyusun Tugas portoflio ini (^O^)

http://organisasi.org/bentuk_jenis_macam_badan_usaha_organisasi_bisnis_perusahaan_pengertian_dan_definisi_ilmu_sosial_ekonomi_pembangunan

http://id.wikipedia.org/wiki/Wirausahawan

6 thoughts on “Ruang Lingkup Bisnis

  1. Pingback: Ruang Lingku Bisnis | ardyeko

  2. Pingback: Ruang Lingkup Bisnis | ardyeko

  3. Pingback: rajadariusputra

  4. Pingback: Ruang Lingkup Bisnis | Rinaldialp

  5. Pingback: BAB 1 RUANG LINGKUP BISNIS | restioktaviani94

  6. Pingback: BAB 1 RUANG LINGKUP BISNIS | oktavianiresti94

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s